Safelink

Intim V Nyeri, Cara Mengatasinya

- 0 Komentar
iklan TOP
Nyeri V bisa merupakan gejala infeksi atau cedera sementara. Ataumerupakan gejala kronis tanpa sebab.

Penyebab nyeri V
Berbagai macam kondisi dapat menyebabkan sakit pada V, tetapi berikut ini adalah yang paling umum:

Infeksi
Infeksi ragi adalah salah satu penyebab paling umum dari nyeri V. Sekitar 75% wanita mengalami infeksi jamur V di beberapa titik.

Infeksi ragi dapat menyebabkan gatal, terbakar, dan terkadang keluarnya cairan seperti keju dari V.

Infeksi ini biasanya bukan Sumber Tepercayamenyebar melalui hubungan seksual, dan sebagian besar ahli tidak merekomendasikan merawat pasangan seksual.

Trauma fisik
Cedera fisik pada V atau vulva dapat menyebabkan sakit pada V. Cedera seperti luka karena bercukur mungkin bertanggung jawab, tetapi salah satu penyebab paling umum cedera dan rasa sakit adalah persalinan.

Melahirkan menyebabkan robekan pada V pada sebagian besar wanita saat pertama kali mereka melahirkan. Air mata biasanya meluas ke perineum, yang merupakan area antara V dan anus. Dokter menyebut ini sebagai robekan perineum. Klitoris atau labia juga bisa robek saat melahirkan.

Seorang dokter atau bidan mungkin perlu menjahit air mata yang serius. Jahitan larut seiring waktu dan tidak perlu dilepas.

Disfungsi atau cedera dasar panggul
Kerusakan pada otot-otot dasar panggul dapat menyebabkan rasa sakit di V, perut, punggung, dan otot-otot di daerah lain.

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko masalah dasar panggul meliputi:
Usia
Kehamilan
Cedera saat melahirkan
Episiotomi, yaitu sayatan bedah untuk memperbesar lubang V ke dalam perineum selama persalinan

Vulvodynia
Vulvodynia adalah jenis nyeri kronis pada vulva, V, atau keduanya. Rasa sakit bervariasi dari orang ke orang, tetapi banyak yang melaporkan rasa sakit yang membakar terus menerus, meskipun dapat dipicu atau diperburuk oleh hubungan seksual.

Dokter tidak sepenuhnya memahami vulvodynia dan mengapa itu terjadi. Proses diagnostik dapat berlangsung lama karena melibatkan tidak termasuk penyebab lain nyeri V.

Siapa pun yang mencurigai bahwa mereka menderita vulvodynia harus mengunjungi dokter - berbagai perawatan tersedia.

Kista Bartholin
Kelenjar Bartholin duduk di kedua sisi pintu masuk V dan membantu melumasinya.

Penyumbatan di salah satu kelenjar ini dapat menimbulkan kista , yang mungkin terasa seperti benjolan keras atau terlihat seperti jerawat . Kista dapat menyebabkan rasa sakit, biasanya di satu sisi V.

Perawatan
Perawatan yang tepat tergantung pada penyebab rasa sakit.

Antibiotik dapat mengobati gonore, BV, klamidia, dan beberapa infeksi bakteri lainnya. Cidera fisik, seperti luka yang dalam atau terinfeksi, mungkin juga memerlukan antibiotik.

Karena ragi adalah jamur - bukan bakteri - antibiotik tidak akan mengobati infeksi jamur, dan mereka dapat memperburuknya. Sebagai gantinya, dokter dapat merekomendasikan perawatan bebas resep atau meresepkan obat antijamur oral.

Kista Bartholin biasanya hilang dengan sendirinya, dan kompres hangat dapat mempercepat proses ini. Jika kista tumbuh sangat besar, dokter mungkin akan mengeringkannya. Jika kista terinfeksi, mungkin diperlukan antibiotik.

Terapi fisik dapat membantu dengan cedera dasar panggul, dan terapis dapat bekerja dengan orang tersebut untuk mengembangkan rencana untuk memperkuat dasar panggul di rumah. Terapi fisik juga dapat membantu dengan vulvodynia.

Vulvodynia terkenal sulit diobati. Perawatan yang tepat bervariasi dari orang ke orang, tetapi seringkali termasuk kombinasi dari:
Obat nyeri oral dan topikal
Stimulasi saraf
Obat yang disebut blok saraf
Latihan dasar panggul
Terapi seks
Penyesuaian gaya hidup, seperti menghindari pemicu

Iklan IKLan Botom
Postingan lainnya
Postingan Lama

Komentar